Membudayakan Tradisi Menulis di Kalangan Dosen


MEMBUDAYAKAN  TRADISI   MENULIS  DI  KALANGAN  DOSEN

(Artikel ini telah dimuat di Majalah MATABACA, Vol. 5 / No. 6/ Februari 2007, Rubrik “Opini”, Hlm. 48 , ISSN : 1412-7571)

Dosen termasuk dalam civitas akademika di perguruan tinggi yang memiliki wawasan intelektual luas diharapkan dapat menyampaikan ide atau pemikiran secara lisan dan tulisan.

Kelemahan umum yang terjadi pada sebagian dosen kita adalah karena kesibukan mengajar di kampus, sehingga melupakan salah satu kewajiban yang tidak kalah penting dari mengajar yaitu menulis karya ilmiah. Bahkan banyak dosen yang jenjang kepangkatan akademiknya terhambat (terlambat naik),  hanya karena kesulitan membuat karya tulis ilmiah.  

Menurut pengamatan penulis, tradisi kepenulisan di kalangan dosen belum membudaya. Hal ini ditunjukkan masih sedikitnya tulisan dosen yang dipublikasikan di media massa.  

Kegiatan menulis memang diawali dari kegiatan membaca. Menulis adalah bagian dari unsur-unsur belajar. Proses belajar tidak hanya dilihat dari banyaknya topik yang didiskusikan atau banyaknya buku yang dibaca. Namun, bagaimana kita mampu menuangkan  ide dalam bentuk tulisan. Menulis ternyata memerlukan ketrampilan khusus serta latihan secara terus menerus. Untuk menulis sebuah opini di koran kita harus mempunyai sejumlah kemampuan, antara lain bisa merumuskan masalah dengan baik, perbendaharaan bahasa, wawasan (pengetahuan umum) yang luas, serta mampu merekomendasikan alternatif solusi.  

Penulis berharap agar para dosen di perguruan tinggi dengan kemampuan intelektual yang dimiliki dapat menuangkan ide atau gagasan yang bermanfaat bagi masyarakat (publik), sehingga kampus perguruan tinggi terhindar dari sinyalemen bahwa “kampus sebagai menara gading”. Oleh karena itu saat ini kita perlu banyak-banyak membaca buku serta rajin mengikuti diskusi, seminar dan lokakarya sehingga ilmu pengetahuan serta wawasan kita bertambah luas.  

Hal yang tak kalah penting adalah kita perlu sering berkomunikasi  dengan seorang yang berpengalaman, sehingga kita mendapatkan sharing informasi untuk menjadi penulis artikel yang produktif.  

Menulis perlu motivasi yang tinggi serta semangat pantang menyerah. Apabila tulisan kita dimuat di media massa, maka kita memiliki kebanggaan tersendiri, apalagi jika saran atau rekomendasi kita dalam tulisan tersebut direspon oleh publik. 

Karya Ilmiah

Dosen dapat membuat tulisan berupa artikel / opini atau karya ilmiah untuk jurnal ilmiah. Artikel atau karya tulis  ilmiah populer yang sering disebut opini merupakan pendapat  atau gagasan pribadi seseorang  yang sifatnya ilmiah dan disajikan secara populer di media massa. Gagasan yang disampaikan dapat meliputi berbagai aspek kehidupan, baik politik, ekonomi, sosial-budaya, hukum dan hankam. Teknik penyajian karangan jenis ini mengacu pada metode penulisan yang gampang dimengerti oleh publik, lugas , kritis dan tidak perlu disertai dengan tabel / angka-angka statistik yang rumit.  

Upaya untuk menumbuhkan minat tulis menulis di kalangan dosen, dapat dilakukan melalui berbagai cara.

1.      Pihak berwenang di  kampus perguruan tinggi dapat memberikan semacam penghargaan (insentif) kepada para dosen yang berhasil memublikasikan karya ilmiahnya.

2.      Dosen diwajibkan untuk membuat makalah (karya tulis) dikaitkan dengan peningkatan jenjang kepangkatan akademik dosen.

3.      Pimpinan perguruan tinggi memberikan dorongan kepada para dosen untuk mengikutsertakan karya tulis (makalah) dalam workshop / lokakarya, forum ilmiah dan simposium.

4.      Apabila diperlukan dapat diadakan suatu pendidikan jurnalistik  / pelatihan teknik menulis karya ilmiah di kalangan dosen. 

 * Muh.Arief Effendi, SE, MSi, Ak,QIA, Pemerhati pendidikan, Dosen Luar Biasa di FE  Universitas Trisakti, STIE Trisakti dan FE Universitas Mercu Buana Jakarta.

CATATAN 

Artikel (tulisan) ini merupakan ikhtisar (summary) dari makalah (paper) penulis yang berjudul “Membangun Tradisi Kepenulisan di Kalangan Dosen Perguruan Tinggi” dan telah dipresentasikan  dalam Acara “Lokakarya Teknik Penulisan Artikel di Media Massa & Jurnal / Workshop on How to Develop Academic Writing Skill” bagi Para Dosen di Universitas Internasional Batam (UIB) yang diselenggarakan oleh Academic Development Center UIB Batam pada  tanggal 11 Desember 2006.

%d bloggers like this: