Evaluasi Penerapan GCG melalui Self Assesment Audit


EVALUASI PENERAPAN GCG MELALUI SELF ASSESMENT AUDIT
(Artikel ini telah dimuat di Majalah Krakatau Steel Group /KSG, Edisi 39 Tahun 4/2009 pada Rubrik “Ragam”, Hlm 29)

Oleh : Muh. Arief Effendi *)
Senior Auditor Operasional – SPI PT. KS

Akhir-akhir ini berbagai perusahaan, baik swasta, BUMN, multinasional maupun perusahaan publik telah menerapkan prinsip-prinsip Good Corporate Governance (GCG) dilingkungan perusahaan masing-masing. Namun masih sedikit yang telah melakukan evaluasi secara berkala, untuk mngetahui efektivitas penerapan GCG tersebut. Untuk mengetahui apakah unit-unit kerja di suatu perusahaan, telah menerapkan prinsip-prinsip GCG secara efektif dan efisien, maka perlu dilakukan audit penilaian secara mandiri (self assessment audit) yang sistematis dan terukur, sehingga dapat diketahui unit–unit kerja mana saja yang belum dan yang telah melaksanakan GCG secara sungguh-sungguh. Pelaksanaan self assessment audit dapat dkordinir oleh Tim / Komite/ Divisi GCG yang merupakan bagian / unit kerja dari organisasi perusahaan.
Terdapat beberapa instrumen penilaian yang biasa digunakan, yaitu dalam bentuk kuesioner (questionare). Kuesioner ini dipilih sebagai salah satu alat ukur (measurement tool) untuk dapat diterapkan di lingkungan perusahaan. Penerapan GCG secara baik dan konsisten di masing-masing unit kerja dapat memberikan gambaran secara menyeluruh tentang penerapan GCG dalam lingkup perusahaan (korporat). Kuesioner ini dapat diisi sendiri oleh unit kerja dan selanjutnya unit kerja memberikan penilaian atau skor secara obyektif terhadap jawabannya.
Pejabat/pimpinan unit pada prinsipnya dapat melakukan self assessment setiap saat untuk mengevaluasi pelaksanaan GCG di unit/lingkungan kerjanya masing-masing, namun mengingat keterbatasan yang ada, maka pejabat/pimpinan unit agar dapat melakukan self assesment sekurang-kurangnya setiap 6 (enam) bulan sekali. Tim /Divisi GCG bertindak sebagai Komite Pemantauan dan Evaluasi Penerapan GCG paling tidak melakukan evaluasi/penilaian terhadap suatu unit kerja sekurang-kurangnya 1 (satu) kali dalam setahun. Hal ini dapat berfungsi sebagai persiapan sebelum dilakukan audit GCG oleh pihak luar dalam rangka penilaian Corporate Governance Perception Index (CGPI).
Dalam melakukan evaluasi/penilaian terhadap suatu unit kerja, Komite Pemantauan dan Evaluasi Penerapan GCG dapat melakukan interview terhadap para responden yang terdiri dari pejabat/pimpinan unit kerja dan/atau rekan setingkat, bawahan/karyawan serta atasan dari pejabat/pimpinan unit kerja yang bertalian. Kuesioner ini dibuat sebagai alat penilaian mandiri (self assessment) yang digunakan untuk mengetahui sejauh mana penerapan prinsip dan nilai-nilai GCG di lingkungan perusahaan. Bagi pejabat/pimpinan unit Pengujian Mandiri ini berfungsi sebagai alat ukur sejauh mana prinsip-prinsip Good Corporate Governance telah dilaksanakan di unit/lingkungan kerjanya.
Sedangkan bagi Badan atau Komite Pemantauan dan Evaluasi Penerapan GCG self assessment ini berfungsi sebagai alat evaluasi/penilaian fungsi/unit kerja Perusahaan yang penerapan GCG sedang dievaluasi.

Hasil pengisian kuesioner ini hendaknya dapat ditanggapi secara hati-hati oleh berbagai pihak., mengingat terdapat beberapa alasan yang mendasarinya. Pertama, GCG bukan hanya suatu pertanyaan apakah unit kerja telah memiliki proses yang tepat, tetapi juga untuk menentukan apakah proses-proses yang dipersyaratkan tersebut telah dijalankan secara efektif dan efisien untuk mewujudkan GCG. Kedua, karena terdapat kesulitan membuat pertanyaan sesuai dengan spesifikasi masing-masing unit kerja, maka kuesioner ini hanya dibuat dalam bentuk global dan merupakan kerangka besar penerapan GCG di unit-unit kerja secara umum. Oleh karena itu, kuesioner ini sebaiknya dibuat tidak terlampau detail untuk unit-unit kerja tertentu. Secara umum self assessment audit, terutama masalah penilaian dalam mengevaluasi kuesioner yang telah diisi sangat tergantung pada pengetahuan (knowledge), pengalaman (experience) dan objektivitas pihak-pihak yang bertanggung jawab untuk mengisi kuesioner ini. Semoga melalui self assessment audit GCG, perusahaan dapat mengetahui perkembangan penerapan prinsip-prinsip GCG secara berkala dan berkesinambungan, sehingga diharapkan pencapaian skor CGPI dapat meningkat dari tahun ke tahun. Amin.
*) Penulis buku “The Power of Good Corporate Governance : Teori dan Implementasi”.

11 Responses

  1. Saya ingin mendapatkan file kuesioner yang dipakai untuk assessment GCG diperusahaan
    Apakah bapak memilikinya,, bila ada, bolehkan kami mendapatkannya via email tks

    Like

  2. Yth Pak Arief,
    bolehkan saya copy beberapa tulisan bapak untuk di post di website FKSPI jabarbaten ?
    salam
    admin http://www.FKSPI-Jabarabanten.org
    saul

    Like

  3. Sdr. Saul, silahkan artikel / tulisan saya diwebsite ini untuk di post di website FKSPI JABAR BANTEN, mohon agar disebutkan sumbernya. Apabila akan dipakai keperluan referensi biar lebih jelas. OK.

    Like

  4. Yth Pak Arief,
    Bolehkah saya minta indikator-indikator secara lengkap yang perlu dilihat dalam SELF ASSESMENT dan kuesioner yang diperlukan dalam SELF ASSESMENT, tks

    Like

  5. Pak, saya mohon bantuannya dikirimkan kuesioner evaluasi penerapan GCG sbg bahan refernsi utk tesis saya. terima kasih.

    Like

  6. Sdr. Eva & Sdr. Eni, contoh kuesioner tentang self assesment GCG dapat didownload di http;//www.fcgi.or.id. Untuk indikator-indikator yang lengkap, Inssya Allah akan saya upload di website ini.OK.

    Like

  7. Saya ingin mendapatkan file kuesioner yang dipakai untuk assessment GCGnya .bolehkan kami mendapatkannya via email, terima kasih.

    Like

  8. Yth. Pak Arif.
    Perkenankan saya mohon bantuan untuk dapat memperoleh indikator-2 sec lengkap dan kuesioner yang diperlukan berkaitan dengan GCG. Terimakasih.

    Like

  9. Sdr. Diah, silahkan anda download “Corporate Governance Self Assesment Checklist” yang disusun oleh KNKCG yang sudah saya upload di website ini. Semoga dapat membantu anda. OK

    Like

  10. Yth, Bapak Arif..
    Saya adit..saya tidak mengerti cara mnegenai membuat kuisioner tentan SPI berdasarkan Sarbanes Oxley Act section 404 dalam fungsi internal audi..
    kira2 bapak arif bisa membantu saya..
    Terima kasih sebelumnya.

    Like

  11. Sdr Adit, sorry baru sempat balas. Silahkan anda coba terlebih dahulu membuat kuesioner tsb, Insya Allah nanti saya bantu untuk perbaikan. OK

    Like

Comments are closed.