Contact

Blog ini dimaksudkan untuk berbagi pengetahuan & pengalaman( Knowledge & Experience Sharing) berbagai hal yang berkaitan dengan ilmu Akuntansi (Accounting), Pemeriksaan Akuntansi (Auditing), Pemeriksaan Intern (Internal Auditing)  dan Tatakelola Perusahaan (Corporate Governance), Manajemen (Management), Sistem Informasi (Information System) dan lain-lain.

Artikel / tulisan saya (My Articles) yang sudah saya upload di website ini semuanya sudah di publish di berbagai media massa (koran,tabloid, majalah, portal internet, jurnal ilmiah dll).

Modul (bahan ajar) yang sudah saya upload di website ini dapat digunakan sebagai bahan pembelajaran di beberapa kampus perguruan tinggi.

Apabila artikel tersebut akan digunakan sebagai referensi dalam penyusunan karya tulis (artikel), tugas akhir, skripsi / thesis / disertasi dll, dimohon untuk menyebutkan sumbernya, untuk menghindari plagiat.

Selain itu, sebagai tambahan sudah banyak modul-modul bahan untuk kuliah di perguruan tinggi yang sudah saya upload, dalam rangka membantu mahasiswa untuk memperoleh bahan pembelajaran (pdf file) serta beberapa artikel ilmiah dari  narasumber / para pakar dibidangnya masing-masing yang sudah saya upload juga. Jika anda memerlukan, silahkan di-download langsung gratis (free).

Website ini juga menyajikan  berbagai  artikel ilmiah / makalah / hasil penelitian dan  jurnal ilmiah (nasional/Internasional) termasuk hasil Simposium/ Lokakarya/ workshop dll.

Bagi pembaca yang ingin mendapatkan artikel lengkap (pdf file) silahkan  langsung men-downloadnya, artikel tersedia dalam bentuk full text (pdf file).

Apabila terdapat hal-hal yang kurang jelas, atau perlu penjelasan lebih lanjut tentang berbagai hal yang terkait dengan tulisan / artikel yang dimuat di website ini, silahkan hubungi saya (Please contact me!) melalui email di : muhariefeffendi@gmail.com .

Semoga bermanfaat. Amin.

Muh Arief Effendi

195 Responses

  1. Pak Arief yang saya hormati. saya hari s, mahasiswa akuntansi universitas diponegoro. Saya sedang melakukan penelitian yang terkait dengan elemen sustainability report, pak .. Kalau ingin mengetahui perusahaan – perusahaan mana saja yang pernah menerima penghargaan dari tahun 2005 sampai sekarang (2009) ,, dapat informasinya dari mana ya? Dapatkah bapak membantu / memberikan referensi untuk saya ?

    terima kasih , sebelumnya

    Like

  2. Thank you very much for so intelligent article. Good job!

    Like

  3. Pak, saya mahasiswi semester akhir yg sedang menyusun skripsi. Skripsi saya berjudul PENGARUH KARAKTERISTIK TUJUAN ANGGARAN TERHADAP KINERJA APARAT PEMERINTAH. Apakah bapak bisa membantu mencarikan/memberikan referensi untuk saya?
    Sebelumnya saya ucapkan terima kasih..

    Like

  4. Sore Pak,
    saya mau tanya gimana cara downloadnya yah pak? kok saya gak bisa download modulnya?

    Like

  5. sy rara pak..
    saya mau tanya.
    apakah kalo mengambil judul “pengaruh asimetri informasi dan ukuran perusahaan terhadap manajemen laba” harus mengambil objek perusahaan yang terdaftar di BEI?
    terima kasihh

    Like

  6. Sdr. Tri Kurnia, silahkan lihat website / blog saya yang lain di http://muhariefeffendi.net.
    Terdapat beberapa artikel / jurnal yang terkait dengan judul skripsi anda. Yang diupload hanya “ABSTRACT” saja.
    Jika anda menginginkan pdf file (full text) silahkan regristrasi dulu sebagai member. OK

    Like

  7. Sdr. Widya, Anda mau download modul yang mana?
    Modul-modul yang sudah diupload di website / blog ini bisa didownload semua dan GRATIS.
    Anda cukup click pada ‘CATEGORY”, pilih MODUL yang anda inginkan, terus click 2 x. Anda bisa langsung save as di computer anda. OK

    Like

  8. Sdr. Rara, untuk judul tsb, biasanya memang harus ambil data sekunder di BEI. OK

    Like

  9. Saya via pak, saya sedang menyusun skripsi tentang GCG, bagaimana saya dapat mendapatkan skor CGPI keseluruhan peserta yang ikut CGPI tahun 2008 dan 2009,
    terima kasih

    Like

  10. Data yang saya miliki 10 besar (top ten) skor CGPI mulai tahun 2001 s/d 2009.
    Jika diperlukan, nanti dapat saya kirim ke alamat email anda. OK

    Like

  11. baik pak , terima kasih atas bantuannya. saya tunggu email bapak

    Like

  12. Saya Intan Pak, bisa tolong jelaskan bagaimana pengaruh GCG terhadap kasus fraud di dunia perbankan? mohon bantuan nya Pak, terimakasih

    Like

  13. Ass pak ..
    saya sedang mengerjakan skripsi dengan judul :
    “Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi minat mahasiswa akuntansi untuk mengikuti PPAk”

    saya menggunakan 4 variabel yaitu motivasi karir, ekonomi, kualitas & biaya pendidikan.

    apa bapak mempunyai kuesioner tentang biaya pendidikan PPAk ??
    kuesioner untuk ketiga variabel yg lain sudah saya punya, tapi saya kesulitan untuk menemukan kuesioner tentang biaya pendidikan PPAk..
    Mohon bantuannya sekali lagi pak ..
    terima kasih sebelumnya
    wassalam

    Like

  14. saya hetty, saya sedan menyusun skripsi yang salah satu variabelnya menggunakan asimetri informasi. yang ingin saya tanyakan :
    1. proksi yang paling baik untuk menghitung asimetri itu apa?
    2. Saya masih bingung dengan cara pengambilan data harga ask dan harga bid. apakah diambil setiap hari selama periode penelitian atau diambil pada akhir tahun penutupan?
    trimakasih.

    Like

  15. saya hetty pak, saya sedang menyusun skripsi tentang asimetri informasi saya masih bingung tentang rumus relative bid-ask spread, untuk harga ask dan bid itu dihitung setiap hari lalu dirata-rata atau hanya pada hari tertentu ?

    Like

  16. saya hetty pak, saya sedang menyusun skripsi yang salah satu variabelnya asimetri informasi. untuk menghitung spread bid asknya kira bagaimana sya bisa mendapat datanya???

    terimakasih

    Like

  17. selamat pagi pak…

    saya tari, saya mau nny..
    indikator apa saja yang diperlukan dalam skripsi saya, jika saya mengambil judul “pengaruh sikap profesionalisme internal auditor terhadap peranan internal audit dalam pengungkapan temuan audit”?
    dan apakah bapak pny contoh kuesioner yg mirip2 dengan judul skripsi saya?

    Like

  18. ass..
    pak saya mahasiswi dr ABFII Perbanas , saya sedang menyusun skripsi ttg Pengaruh Komite audit terhadap kinerja keuangan pt,Pertamina .. apakah bapak punya refrensi untuk mendukung penelitian saya ? dan apakah bapak punya kuesioner ttg judul sy tsb ?? krna saya sangat kesulitan untuk membuat kuesioner .. terimakasih

    Like

  19. Silahkan baca buku saya yg berjudul “The Power of GCG : Teori dan Implementasi”, terdapat 1 bab yg khusus membahas Komite Audit secara lengkap.
    . OK

    Like

  20. Sdr. Tary, untuk kuesioner saya tdk punya. Saya hanya punya beberapa referensi terkait dengan topik tsb. OK

    Like

  21. Untuk data awal anda bisa melalui Bursa Efek Indonesia (BEI) terkait dengan sampel perusahaan yg akan anda ambil. Mengenai perhitungan anda bisa mencontoh jurnal ilmiah yang memuat penelitian sesuai topik tsb. OK

    Like

  22. Ass pak ..
    saya sedang mengerjakan skripsi dengan judul :
    “Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi minat mahasiswa akuntansi untuk mengikuti PPAk”

    saya menggunakan 4 variabel yaitu motivasi karir, ekonomi, kualitas & biaya pendidikan.

    apa bapak mempunyai kuesioner tentang biaya pendidikan PPAk ??
    kuesioner untuk ketiga variabel yg lain sudah saya punya, tapi saya kesulitan untuk menemukan kuesioner tentang biaya pendidikan PPAk..
    Mohon bantuannya sekali lagi pak ..
    terima kasih sebelumnya
    wassalam

    Like

  23. ass..
    cara mengukur kualitas laba pada perusahaan yang blum go publik gmana pak?

    Like

  24. asslm…pak effendi sy nisa mahasiswi UMSurabaya…saya sedang menyusun skripsi tentang GCG…yang saya ingin tanyakan pak..kira-kira dimana sy bisa mendapatkan data tentang CGPI untuk tahun 2011 selain di http://www.iicg.org ..karena setelah saya cek , web ini sepertinya eror dan tidak ada pak,mohon informasinya bapak, terima kasih.

    Like

  25. pak, adakah artikel bapak ttg jumlah perusahaan yang bersedia diperiksa laporan good corporate governance oleh iicg dan majalh swa, trimakasih pak

    Like

  26. pak, saya juga sedang menyusun skripsi mengenai GCG, saya juga mau dong di kirim min data CGPI???
    bz kah pak???……….

    Like

  27. pak, saya nanda, kalo saya mau cari data tentang indeks dari setiap aspek penilaian CGPI untuk tahn publikasi 2008-2011, dimana ya??
    soalnya saya sudah kirim email ke sekretariat iicg ngak dibales, sama buka websitenya tapi ngak bisa (eror terus) mohon bantuannya pak,, terima kasih 🙂

    Like

  28. Assalammualaikum pak arief..
    nama saya Marriska.saya sedang meyusun skripsi ttg pengaruh Employee stock option program terhadap reaksi pasar. tapi saya kesulitan mendapatkan jurnal referensi..saya mohon bantuan bapak memberikan referensi ttg penelitian sy tsb,.Trimakasih sebelumnya pak..

    Like

  29. Sdr. Ayyu, untuk mengetahui biaya pendidikan PPAK. Silahkan anda ke website masing-masing perguruan tinggi penyelenggara PPAK. Saat ini sudah ada lebih dari 20 PTN/PTS yang menyelenggarakan program PPAK.
    Untuk di Jakarta (FE UI, FE Universitas Trisakti, FE Universitas mercu Buana, IBI dll). OK

    Like

  30. assalamualaikum pak arief…
    nama saya ita. sya sedang menyusun skripsi ttg implementasi gcg untuk mengukur resiko perbankan pada bank muamalat dan bsm.tapi saya bingung untuk menggunakan metode yang sesuai.mohon bantuannya pa….terimakasih sebelumnya…………

    Like

  31. Sdr. Ita, langkah pertama tentukan dulu variable independen dan variabel dependennya.
    Setelah itu data penelitian yang anda kumpulkan apa saja. Baru dapat dipilih alternatif metode analisis yang tepat. OK

    Like

  32. Your website is beautiful, which is popular among customers. I’ll come to visit again. Thank you very much!

    Like

  33. saya tifah pak, saya sedang menyusun skripsi pengaruh mekanisme GCG dan asimetri informasi terhadap praktek manajemen laba pada industri manufaktur di indonesia, ,
    nah, , saya masih kesulitan untuk mencari ADJSPREADnya, bagaimana mencari ADJSPREADnya pak, karena ADJSPREAD itu koefisien error dr persamaan SPREAD nya maksudnya bagaimana pak? saya sudah konsultasi ke dosen saya, dan belum menemukan jalan keluarnya, , mohon bantuannya pak, ,
    terima kasih pak, ,

    Like

  34. pak,saya agak bingung, apakah bentuk discretionary accrual tiap industri itu sama? kalau contoh discretionary accrual/manajemen laba di dalam industri pertambangan serta minyak dan gas bumi seperti apa ya? saya masih bingung, karena kalau di minyak misalnya, begitu perusahaan menemukan cadangan minyak, maka lgsg diakui sbg pendapatan, brrti byk akrual yah di indutri ekstraktif seperti itu?

    Like

  35. Sdr. Annisa, baru saja saya upload data tentang 10 The Best Score CGPI Award tahun 2001 – 2010. Semoga dapat membantu. Jika perlu data detail tentang score CGPI tsb, nanti dapat dikirim via email. OK

    Like

  36. pak saya mau nanya,, gimana caranya jadi member…??

    Like

  37. assalamualaikum bapak,, saya ella,, saya sekarang sedang menyusun skripsi,, dalam bidang akuntansi sektor publik,, saya agak bingung dengan variabelnya,, di sini saya mengambil faktor organisasi terhadap SAKD,, mohon bantuanya bapak,, terima kasih..

    Like

  38. assalamualaikum bapak, saya osha.Kebetulan saya sedang menyusun skripsi berkaitan dengan skor GCG.
    untuk mendukung data yang saya butuhkan, bolehkah saya mendapatkan data seluruh perusahaan apa saja yang mendapat CGPI awards beserta skornya (tidak hanya 10 besar) dari bapak melalui email dari tahun 2006-2010? karena saya cek web iicg sepertinya sedang error.
    besar harapan bapak dapat membantu saya. Mohon informasinya pak..
    terimakasih

    Like

  39. Sdr. Osha, skor CGPI diberikan kepada perusahaan yang ikut / berpartisipasi pada penilaian CGPI pada tahun yang bersangkutan. Seperti diketahui skor CGPI ada level / peringkat sesuai dengan kategori yaitu :
    Rating level untuk ‘sangat terpercaya’ berada di skor 85,00 – 100. Berikutnya, ‘terpercaya’ dengan skor 70,00 – 84,99, dan yang terakhir ‘cukup terpercaya’ 55,00 – 69,99. OK

    Like

  40. Wow, amazing blog layout! How long have you been blogging for?
    you make running a blog glance easy. The total look of your website
    is great, let alone the content!

    Like

  41. assa, pak arif,
    pak aku mau tanya untuk mencari skor cgpi itu di website apa yah pak ? soalnya aku sudah cari2 tapi tetap saja tidak ketemu yah pak ?tolong pak bantuannya.

    Like

  42. Sdr Oky, 10 the best score CGPI tahun 2001-2010 sdh saya upload di website ini. Silahkan bisa langsung anda download. OK

    Like

  43. bukan yang the best score pak tapi untuk perusahaan apa saja yang sudah mengikuti CGPI itu pak ?

    Like

  44. Pak, saya mau bertanya..bagaimana cara menghitung manajemen laba menggunakan model beaver and angel ya pak ?..skripsi saya meneliti pengaruh GCG terhadap manajemen laba pak..thanks..

    Like

  45. assalamualaikum bapa.. saya cari buku The power of gcg ko susah bgt ya di bdg .. bisa beli ebooknya ga pa. butuh bgt buat bahan skripsi. makasih pa

    Like

  46. Sdr. Wulan, setelah saya hubungi penerbit Salemba Empat, ternyata stock di penerbit / toko buku di daerah Jawa sudah habis. Stock yang masih tinggal diluar Jawa (Lampung, Pekan Baru dll). Jika stock tinggal sedikit, rencana akan dicetak ulang ke-3 saja, mengingat saya belum sempat utk merevisi buku tsb dalam edisi revisi.

    Silahkan anda telp langsung ke penerbit salemba (bag Marketing / pembelian / pengiriman buku yaitu 021-7818616 (Ibu Linda atau ibu Nita).Biasanya mendapatkan discount tertentu dan nanti buku akan dikirim ke alamat anda.
    OK

    Like

  47. bukunya sudah dapat pak, terimakasih.. 🙂
    saya mau tanya pak, kenapa topik gcg masuk kedalam topik skripsi anak akuntansi ?
    apakah termasuk kedalam SPI? atau bagaimana . masih aga bingung.. mohon pencerahannya 🙂

    Like

  48. Really good website. lot of useful information here. thank you

    Like

  49. Assalamualaikum.
    pak, saya mhsswi stiebpd smrg. sy sdg menyusun skripsi ttg mekanisme gcg terhadap manajemen laba dan nilai perusahaan. saat ini sy mmbutuhkan data peringkat perusahaan yg sudah menerapkan gcg untuk analiss sy pak. periode tahunnya dr 2008-2011. mohon bantuannya pak. terimakasih

    Like

  50. Sdr. Nur Asti, sudah saya upload 10 the best score CGPI Award periode tahun 2001 s/d 2010 diwebsite ini. Silahkan dapat anda download langsung. Untuk 10 the best score CGPI tahun 2011 nanti akan saya email langsung ke alamat email anda. OK

    Like

  51. Assalamualaikum Bapak Efendy, saya iqbal mahasiswa upn veteran yogyakarta, saya mahasiswa semester 7 pak, saya sedang mengambil skripsi berkaitan dengan corporate governance perseption index (CGPI), saya bingung untuk mendapatkan data CGPI spesifik perusahaan manufaktur yang listing di BEI, saya cari di ibternet, iicd, iicg, dan SWA tapi yang ada hanya peringkat 10 besar cgpi pak,, dimana lagi saya bisa mendapatkan data tersebut pak,, saya sangat memohon penjelasan bapak. terimakasih sebelumnya pak.

    Like

  52. Assalamu’alaikum,, bapak,,,
    saya ingin menanyakan,,mengapa buku online untuk yang The Power of Good Corporate Governance banyak yang tidak tersedia.
    apakah bapak bisa memberi rekomendasi untuk membeli buku online,?
    saya juga ingin menyakan,,
    untuk melihat struktur GCG seperti kepemilikan manajerial, institusional dll,, lihatnya kalau di website BEI di laporan apa ya pak?

    Like

  53. Sdr. Resti. Mohon maaf untuk saat ini (awal Maret 2015) stock buku GCG tsb di penerbit Salemba Empat tinggal sedikit (sekitar 50 buku), sehingga yg beredar di Toko Buku kemungkinan juga tinggal sedikit. Untuk penjualan buku melalui online juga sama saja (banyak yg sdh kehabisan stock, sehingga tdk tersedia.

    Mudah2an saya dpt menyelesaikan edisi revisi buku GCG tsb pada akhir April 2015, sehingga awal Juli 2015 yang akan datang edisi revisi (cetakan ke-3) bisa terbit dan beredar di toko buku (Gramedia, Gunung Agung dll) serta toko online.
    Jika anda memerlukan buku GCG tsb, saya masih memiliki stock sekitar 15 buku, silahkan pesan nanti akan saya kirimkan ke alamat anda. OK

    Like

  54. Assalamu’alaikum Pak Arief,
    Saya mengalami kesulitan dalam menemukan template corporate governance self assessment check list KNKG dan saya menemukan ini di blog Bapak https://muhariefeffendi.files.wordpress.com/2009/12/self_assessment_checklist_knkg.pdf. Apakah Bapak mempunyai versi lengkap checklist tersebut? Karena setelah saya lihat, checklist tersebut hanya sampai dengan penilaian Dewan Komisaris dan ada beberapa halaman yang tidak sempurna. Apabila Bapak mempunyai versi lengkap dan berkenan untuk berbagi, mohon bantuan Bapak untuk mengirimkan checklist tersebut. Terima kasih atas perhatiannya. Wassalam.

    Like

  55. Sdr. Pusphita Octavia, alhamdulillah saya masih memiliki file lengkap “Corporate Governance Self Assesment Checklist KNKG”. Insya Allah akan saya upload ulang.
    Selain itu, saya di kantor juga ditunjuk menjadi anggota Tim Assesment GCG tahun 2015. OK

    Like

Leave a comment