Contact

Blog ini dimaksudkan untuk berbagi pengetahuan & pengalaman( Knowledge & Experience Sharing) berbagai hal yang berkaitan dengan ilmu Akuntansi (Accounting), Pemeriksaan Akuntansi (Auditing), Pemeriksaan Intern (Internal Auditing)  dan Tatakelola Perusahaan (Corporate Governance), Manajemen (Management), Sistem Informasi (Information System) dan lain-lain.

Artikel / tulisan saya (My Articles) yang sudah saya upload di website ini semuanya sudah di publish di berbagai media massa (koran,tabloid, majalah, portal internet, jurnal ilmiah dll).

Modul (bahan ajar) yang sudah saya upload di website ini dapat digunakan sebagai bahan pembelajaran di beberapa kampus perguruan tinggi.

Apabila artikel tersebut akan digunakan sebagai referensi dalam penyusunan karya tulis (artikel), tugas akhir, skripsi / thesis / disertasi dll, dimohon untuk menyebutkan sumbernya, untuk menghindari plagiat.

Selain itu, sebagai tambahan sudah banyak modul-modul bahan untuk kuliah di perguruan tinggi yang sudah saya upload, dalam rangka membantu mahasiswa untuk memperoleh bahan pembelajaran (pdf file) serta beberapa artikel ilmiah dari  narasumber / para pakar dibidangnya masing-masing yang sudah saya upload juga. Jika anda memerlukan, silahkan di-download langsung gratis (free).

Website ini juga menyajikan  berbagai  artikel ilmiah / makalah / hasil penelitian dan  jurnal ilmiah (nasional/Internasional) termasuk hasil Simposium/ Lokakarya/ workshop dll.

Bagi pembaca yang ingin mendapatkan artikel lengkap (pdf file) silahkan  langsung men-downloadnya, artikel tersedia dalam bentuk full text (pdf file).

Apabila terdapat hal-hal yang kurang jelas, atau perlu penjelasan lebih lanjut tentang berbagai hal yang terkait dengan tulisan / artikel yang dimuat di website ini, silahkan hubungi saya (Please contact me!) melalui email di : muhariefeffendi@gmail.com .

Semoga bermanfaat. Amin.

Muh Arief Effendi

195 Responses

  1. Mohon Pencerahan dari Bapak,

    Saya berencana untuk melanjutkan kuliah di MAKSI-PPAK atau MM keuangan UI, perkiraan untuk biaya kuliah dan matrikulasi berapa ya?
    Saya sudah cari di website tapi tidak ketemu.

    Saya bekerja sebagai auditor selama 5 tahun dan sekarang bekerja di perusahaan telekomunikasi, menurut bapak saya kuliah MM atau MAKSI ya, atau bapak punya ide lain yang bisa jadi masukan untuk saya?

    Terima kasih sebelumnya

    Like

  2. Sdr. Reinza, perkiraan biaya kuliah & matrikulasi di MAKSI UI maupun MM UI saat ini (2008) diluar textbook saya kira sdh > Rp. 70 juta.

    Jika anda ingin mendalami Internal Auditing sesuai profesi anda, bisa memilih MAKSI UI konsentrasi Internal Auditing, namun jika anda ingin mendalami akuntansi / keuangan, ada 2 pilihan : MAKSI UI konsentrasi Akuntansi Manajemen atau MM UI konsentrasi Manajemen Keuangan, terserah mana yang anda pilih.

    Yang jelas jika anda mau melanjutkan kuliah S2 di MAKSI / MM UI, nilai TPA anda usahakan > 600 dan TOEFL > 500, karena persaingan untuk masuk sana saat ini cukup ketat dan yg diterima hanya sedikit. Selamat mencoba semoga berhasil. OK.

    Like

  3. Mohon bantuan,
    Apa bapak punya rekomendasi buku/ebook internal audit untuk perusahaan telekomunikasi?
    thanks

    Like

  4. Mohon bantuan pak, apakah perusahaan property and real estate dapat digolongkan sebagai perusahaan manufaktur?
    saya sedang membhs mengenai mekanisme GCG terhadap Manajemen laba dalam penelitian saya. mohon saran untuk objek penelitian saya.
    terima kasih pak

    Like

  5. sore pak,
    saat ini saya sedang dalam proses penyusunan skripsi yang judulnya “pengaruh ketaatan aturan akuntansi dan kesesuaian kompensasi terhadap kecenderungan kecurangan akuntansi (studi pada perbankan). mohon bantuan bapak, kira-kira dimana saya bisa mendapatkan literatur lengkap dan buku-buku yang sesuai dengan judul saya.
    terima kasih pak…

    Like

  6. Sdr. Afrida. Coba anda lihat list / dafrtar jurnal pada Accounting Research, dari 58 artikel yg sudah saya upload ada beberapa yang bisa dijadikan referensi untuk skripsi anda.
    Beberapa mhs bimbingan skripsi saya ada yg judulnya mirip dengan skripsi anda. Namun untuk skripsi, saya tidak akan upload di website ini, khawatir disalahgunakan (baca plagiat) bagi yg tidak bertanggung jawab. Oleh karena itu yg saya upload biasanya hanya artikel ilmiah yg sudah dipublikasikan misalnya dalam Seminar, Workshop, Simposium, Majalah Profesi, Buletin, Jurnal Ilmiah/Riset, internet dll. OK.

    Like

  7. sore pak,
    saat ini saya sedang menyusun skripsi saya dengan judul “PENGARUH SERTIFIKASI QIA TERHADAP ETOS KERJA INTERNAL AUDITOR”…
    namun hingga saat ini saya mengalami kesulitan dalam pencarian jurnal mengenai kedua variabel tersebut..
    karena apabila jurnal belum didapat, maka outline skripsi belum dapat diberikan pak…
    mohon bantuan bapak untuk memberikan referensi jurnal yang sesuai dengan judul saya diatas…
    atas bantuannya,saya ucapkan terima kasih pak…

    Like

  8. Ass..pa
    saya mau membuat paper ttg peranan spi dalam pemberantasan korupsi, apa aja ya pa yang harus saya paparkan?
    terima kasih

    Like

  9. assalamualaikum wr.wb
    nama saya anggraini, saya mahasiswa akuntansi universitas brawijaya…
    saat ini saya sedang menyusun skripsi mengenai pengaruh penerapan Good corporate governance terhadap manajemen laba di industri perbankan, saya mengalami kesulitan mencari jurnal atau literatur model perhitungan manajemen laba yang cocok dengan karakteristik industri perbankan, bisakah bapak membantu saya?terimakasih. selain itu saya juga ingin menanyakan apakah model jones bisa diterapkan di penelitian untuk industri perbankan?terimakasih….wass.wr.wb

    Like

  10. salam kenal pa,
    pa sy minta tlg untuk memberikan saya masukan mengenai kepatuhan manajemen. dan apakah peran audit internal bepengaruh terhadap kepatuhan manajemen? tolong dimuatkan artikelnya atau langsung memberikan masukan kepada saya melalui email. Terima kasih atas bantuanya.

    Like

  11. pak, saya sedang menyusun penelitian (skripsi) tentang pengaruh mekanisme GCG terhadap manajemen laba pada industri pertambangan yang listing di BEI. Mohon saran, dukungan dan bantuan terhadap topik saya ini. Saran Bapak pasti sangat membantu saya. terima kasih banyak pak

    Like

  12. assalamualaikum wr.wb.
    maaf pak saya lagi…maaf pak kenapa pertanyaan saya belum bapak jawab??maaf merepotkan, saya benar-benar mengalami kesulitan, saat ini saya sedang melakukan penelitian tapi saya bingung akan menggunakan perhitungan model siapa, awalnya saya pake model beaver and angel tapi saya kurang literatur sehingga kesulitan….saya bingung..tolong saya..terima kasih…

    Like

  13. Sdr. Anggraini & Yohannes, Sorry baru sempat balas. karena kesibukan saya pd. bl. Nop yg lalu. Silahkan anda baca dulu artikel / jurnal yg ada di website ini pada “Accounting Research”, terutama yg membahas ttg pengaruh mekanisme GCG thd manajemen laba. Beberapa skripsi mhs bimbingan saya juga menulis ttg topik tsb, Nanti saya kasih penjelasan yg diperlukan. OK.

    Like

  14. pak…
    saya mau tanya
    saya sedang skripsi mengenai kecurangan akuntansi
    saya bingung mengenai “governance factor”
    sebenarnya apa saja yang termasuk governance factor itu??

    Like

  15. Sdr. Fiftin, untuk mengetahui “Governance Factor”, silahkan baca artikel / makalah ttg GCG yg berasal dari Jurnal / SNA yg ada di website ini. pada daftar Accounting Research sdh banyak artikel ttg GCG. Jika kurang jelas, nanti boleh tanya lagi. OK.

    Like

  16. Pak Muh.Arief……..
    Saya mohon bantuan bapak……..Saya Auditor pertama di Itjen disalah satu Departemen, sedang nyusun thesis, rencananya sih mengenai “Pengaruh Audit Internal terhadap pendeteksian kecurangan (Fraud Audit)” rencana responden dari para Auditor di Itjen Departemen saja pak, tapi masih bingung quetionaire dan kurang literature…….. tolong saya Pak mungkin ada jurnal atau contoh quitionairenya dan mohon saran mengenai hal diatas……………..terimakasih pak.

    Like

  17. 1. saya bekerja sebagai internal auditor, dalam melaksanakan audit biasanya saya melakukan audit base proses apa bedanya dengan audit base risk??
    2. sebenarnya objective dari audit base risk itu apa??
    3. bisa minta contoh audit report nya ga pak? siapa tau bisa menambah pemahaman saya….

    Like

  18. Sdr. Adrian, silahkan baca artikel saya yg berjudul “Risk Based Internal Auditing” serta “Value Added Internal Auditing” yg sdh saya upload di website ini.
    Jika kurang jelas nanti bisa tanya lagi. OK.

    Like

  19. Sdr. Fina, silahkan baca artikel saya yg berjudul “Tanggung Jawab Auditor Internal dalam Pencegahan, Pendeteksian dan Penginvestigasian Kecurangan” yg ada di website ini. Untuk jurnal & kuesioner, nanti jika sudah ketemu, saya sampaikan ke anda. OK.

    Like

  20. Selamat malam pak,
    Saya sudah berkomentar atas bantuan bapak, tapi sepertinya ngga masuk ya pak? soalnya kok ngga ada tampilannya……Ngga pa pa pak saya ulang lagi ya……..
    Terima kasih atas bantuan bapak atas literatur tuk thesis saya, tapi pak kayaknya itu masih mengarah ke sektor swasta ya pak…….Bagaimana untuk yang di Instansi Pemerintah? soalnya masih banyk kelemahan-kelemahan (bolong-bolongnya) seperti misalnya payung hukum utuk audit investigasinya loch pak……dan tindak lanjut setelah audit investigasi masih belum jelas……..Ya mungkin Bapak banyak tahu mengenai itu, maaf ya pak saya banyak tanya masalah inimudah-mudahan saya dapat terbuka ya pak……Saya mohon saran atas thesis saya ini…….Jurnal dan quesioner saya tunggu ya pak….Terimakasih…., God Bless You

    Like

  21. Assalamu alaikum pa Arief,

    Saya seorang karyawati di perusahaan swasta yang berminat untuk mendalami bidang audit. apakah bapak bisa memberikan bimbingan jarak jauh tentang kasus2 audit yang bisa menambah wawasan selain teori2 yang pernah saya dapatkan di bangku kuliah.
    terima kasih banyak atas kesediaan bapak meluangkan waktu untuk membantu saya mendalami audit.

    Like

  22. Yth. Pak Muharief,
    Apakah bpk punya literatur tentang expectation gap dalam audit pak, untuk bahan skripsi saya.
    Terima kasih pak

    Like

  23. Asslm, salam kenal Pak Muh Arief Effendi
    Saya mahasiswa smstr akhir dan sedang membuat skripsi. Sy membutuhkan jurnal mengenai pengaruh profesionalisme audit internal terhadap efektivitas pengendalian internal kredit. Saya juga membutuhkan kuesioner penelitian mengenai profesionalisme audit internal dan pengendalian internal kredit. Sy mohon bantuannya jika bapak mempunyai jurnal & contoh kuesioner tersebut mohon dikirimkan melalui email saya, atau alamat website apa yang menyediakan jurnal tersebut. Trima kasih banyak sebelumnya semoga Allah memudahkan segala urusan-urusan Bapak karena telah memudahkan urusan orang lain

    Like

  24. Sdr. Latifah, tentang Profesionalisme Internal Auditor, Silahkan baca artikel saya yg berjudul “Tantangan untuk menjadi Auditor Internal yang Professional” yang sudah saya upload di website ini. Sedangkan contoh kuesionernya saya belum punya, jika nanti sudah ada serta sudah menemukan jurnal yang terkait dengan topik tsb, akan saya beritahukan kepada anda. OK.

    Like

  25. Yth. Pak Muh. Arief

    Ass. Saya mahasiswa UGM, saya mau tanya, ada berapa model yang biasa digunakan untuk mengukur kualitas laba. Saya kebetulan akan melakukan penelitian terkait kualitas laba laporan keuangan wajib pajak. dan manakah yang paling relevan untuk penelitian tsb. Kalau boleh mungkin penjelasannya dapat saya peroleh/baca dimana.

    Trima kasih banyak.

    Like

  26. Assalamualalaikum .

    Salam kenal Bapak, saya adalah mahasiswa UGM. Saya berencana mau menulis tesis mengenai kualitas laba laporan keuangan yang disampaikan ke kantor pajak. Saya masih bingung tentang cara pengukuran kualitas laba. Mungkin Bapak bisa membantu, model ukuran kualitas laba apa yang sebaiknya digunakan, dan kalau mungkin ada dapat saya lihat dimana.

    Matur nuwun

    Like

  27. Saya Setiawan, mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Atma Jaya Yogyakarta.
    Saya ingin melakukan penelitian mengenai Corporate Governance Perception Index (CGPI).
    Apakah Bapak bisa memberi daftar lengkap peringkat CGPI tahun 2001-2008? Sebab, yang

    ditampilkan SWA edisi 2001-2008 hanya peringkat 10 besar skor CGPI. Bagaimana saya bisa

    mendapatkan data lengkap skor seluruh peserta survey CGPI?

    Like

  28. Sdr. Setiawan, CGPI sejak tahun 2001 memang telah diselenggarakan oleh The Indonesian Institute for Corporate Governance (IICG) bekerjasama dengan majalah SWA Sembada sbg mitra publikasi penerapan Corporate Governance di Indonesia. Untuk mendapatkan data lengkap peringkat CGPI th 2001-2008 silahkan lihat di website http://www.iicg.org atau menghubungi sekretariat IICG. Mudah2an anda bisa memperoleh data tsb, bukan hanya data peringkat 10 besar skor CGPI saja. OK

    Like

  29. Sdr. Anang, untuk mengetahui beberapa model pengukuran kualitas laba laporan keuangan, silahkan baca artikel yang telah diupload di website ini, baca dulu daftar / listnya di “ACCOUNTING RESEARCH”, lalu pilih yang sesuai dengan topik yang anda inginkan, melalui “search category” . Jika ada artikel ttg topik tsb akan saya upload lagi. OK.

    Like

  30. selamat malam pak,
    saya mahasiswa tingkat akhir sedang menyusun skripsi tentang CG. variabel2 saya adalah proporsi komisaris independen, komite audit, kepemilikan institusional, dan kepemilikan manajerial. di mana saya bisa memperoleh data2 untuk menganalisa variabel2 tersebut?? apakah harus pake index ato ada data yg lainnya? mohon bantuannya ya pak. terima kasih sebelumnya.

    Like

  31. Your AccountingCoach.com link is not working.

    Like

  32. Ass Pak,
    Saya mahasiswa Unsyiah Banda Aceh yang sedang menyusun skripsi ‘Pengaruh Etika Bisnis dan Moralitas AgamaTerhadap Good Corporate Governance di Perbankan Syariah di Banda Aceh” . Judul ini terinspirasi oleh tulisan bapak tentang Peranan Etika Bisnis dan Moralitas AgamaTerhadap Good Corporate Governance di blog ini. Saya mohon bantuan bapak untuk artikel2 terkait tentang ini. Kalau bapak tidak keberatan saya mohon di reply ke email saya. Insya Allah ke depan kalau bapak ada waktu saya rencana akan konsultasi ke bapak mengenai skripsi ini terutama kuesioner nya. Syukran Pak

    Like

  33. Sdr. Ana, silahkan jika artikel / tulisan saya anda jadikan bahan penyusunan skripsi, namun jangan lupa agar dicatat sbg referensi sbg pelaksanaan etika keilmuan sbg insan akademis. Untuk lebih jelasnya pembahasan ttg “kode etik, etika bisnis, moralitas agama dlm implementasi GCG”, anda bisa baca buku saya yg berjudul “The Power of Good Corporate Governance : Teori dan Implementasi”, ada satu bab yg membahas ttg hal tsb. Buku tsb dapat anda dapatkan di Toko Buku Gramedia / Gunung Agung dll. OK.

    Like

  34. selamat siang pak, maaf mengganggu, saya mau bertanya dimana saya bisa mendapatkan contoh artikel yang berkaitan dengan materi teori akuntansi?
    terima aksih atas informasinya

    Like

  35. Asslmlkm..
    Mohon penjelasan bapak mengenai pelaksanaan audit yang efektif.
    1. Apa sajakah indikator atau faktor-faktor yang menunjukkan pelaksanaan audit sudah efektif?
    2. Apakah sama indikator/faktor efektivitas audit sektor publik (pemerintahan) dan sektor swasta?
    Terima kasih atas waktu dan penjelasannya.
    Wassalmlkm..

    Like

  36. Pak Arief, saya sedang mencari inspirasi untuk tesis saya. bisakah bapak kasih referensi penelitian dengan topik akuntansi manajemen?mgkn da website/link yg bs saya liat.
    terima kasih sebelumnya

    Like

  37. pak arief, saya ingin menulis thesis tentang pengukuran kinerja internal audit terkait value added internal audit, akan mengulas tentang Key performance indicator apa yang cocok dan bobotnya, ada saran pak? atau jurnal yang bisa jadi referensi?
    tks pak

    Like

  38. Sdr. Isti anda bisa menulis thesis yg terkait dg topik akuntansi manajemen, misalnya : pengukuran kinerja melalui balance score card (BSC), Economic Value Added (EVA) ,selain itu pengaruh Pajak (Tax) terhadap Transfer Price dll.
    Untuk mencari inspirasi judul thesis, silahkan mengunjungi website Institut Akuntan Manajemen Indonesia (IAMI) di http://www.iamiglobal.org atau http://www.management-accountant.org .

    Sdr. Rachmat, utk thesis tentang pengukuran kinerja internal audit, anda bisa membuat quesioner yang disebarkan kpd internal auditor di perusahaan2.
    Tentu saja anda harus menentukan dulu variabel independen dan dependen-nya. OK

    Like

  39. Sdr. Putri, artikel tentang teori akuntansi dapat anda lihat di website http://www.journalofaccountancy.com atau coba lihat website milik dosen FEB UGM di http://www.suwardjono.com , beliau termasuk pakar di bidang Teori Akuntansi.

    Untuk Sdr. Ecy, data-data tentang komisaris independen, komite audit, kepemilikan institusional dan kepemilikan manajerial, terkait dengan topik skripsi anda “Corporate Governance’, biasanya tersedia di Bursa Efek Indonesia (Indonesia Stock Exchange), silahkan lihat di http://www.idx.co.id. Beberapa mahasiswa yang saya bimbing dlm penyusunan skripsinya bisa mendapatkan data tsb di BEI.OK.

    Like

  40. Pak, Saya Dhania, mahasiswi Akuntansi UNSYIAH sedang melakukan penelitan skripsi S1 yang judul nya ”
    Analisis Koefisien Respon Laba Sebelum dan Sesudah Perusahaan Membentuk Komite Audit (Pada Perusahaan-Perusahaan Ynag Terdaftar di BEI)”.
    Masalah Saya adalah Pak, Saya bingung untuk melihat pengumuman pembentukkan komite audit itu di mana ya pak? dan sebenarnya tahun pembentukkan komite audit itu kapan, apakah tahun 2001 atau tahun 2004 pak?, Saya mohon bantuan untuk jawabannya pak … sebelumnya Terima Kasih ..

    Like

  41. Ass
    Pak saya seorang mahasiswa yang saat ini sedan melakukan penelitian mengenai pengaruh corporate governance terhadap kinerja perusahaan di indonesia. Tapi saya sangat kesulitan dalam memperoleh buku, literatur maupun artikel mengenai laporan corporate governance perception index (CGPI) mulai tahun 2004-2007 beserta skornya, dan perusahaan apa saja yang bersedia mengikuti survey yang dilakukan oleh IICG tersebut.?.
    Dapatkah bapak membantu saya, dimana kiranya saya dapat memperoleh data lengkap terkait dengan penelituan saya diatas.?
    Atas perhatian bapak saya ucapkan terimakasih

    Like

  42. Sdr. Laura, seperti yang sdh saya informasikan kpd Sdr. Setiawan (lihat comment diatas). Untuk mendapatkan data lengkap peringkat CGPI th 2001-2008 silahkan lihat di website http://www.iicg.org atau menghubungi sekretariat IICG. Selain itu, coba lihat artikel yg terkait dg topik tsb pada category “Accounting research” yang sdh saya upload di website ini. OK.

    Like

  43. Selamat siang pak.. Saya mahasiswi Unsyiah Banda Aceh.
    Terimakasih atas tulisan “peranan Etika bisnis dan Moralitas agama Terhadap GCG”.
    Saya sedang mengerjakan skripsi saya tentang ini pak. Maaf pak, apakah bapak mempunyai quesioner tentang ini pak ?? Terimakasih

    Like

  44. Pak tolong di jawab pertanyaan Saya mengenai kapan sebenarnya komite audit itu di bentuk, tahun 2001 atau 2004 dan dimana bisa kita melihat pembentukkan komite audit itu, apakah di annual report nya ? tolong di jawab ya pak, Saya benar-benar memerlukan bantuan Bapak. Sebelumnya terima kasih…

    Like

  45. Sdr. Dhania, ketentuan yang mengatur pembentukan komite audit di BUMN melalui SK Menteri BUMN pada tahun 1999, sedangkan untuk perusahaan yang go publik diatur melalui SK Bapepam pada tahun 2000 dan DIrut BEJ tahun 2001. Kita bisa melihat perusahaan sdh membentuk komite audit / belum pada annual report. Silahkan baca artikel saya yang berjudul “Peranan Komite Audit dalam meningkatkan Kinerja Perusahaan yang sdh diupload di website ini. OK.

    Like

  46. ass. pak arief apa kabar? pak saya mahasiswa MM BL..saya mau tanya tentang saham krn berkaitan dengan thesis saya yang berjudul Beberapa Faktor Yang Mempengaruhi IPO, studi empirik pada sektor telekomunikasi. yang mau saya tanya buku rujukan tentang saham, underpricing dll yang bagus apa ya pak arif? trima kasih sebelumnya…

    Like

  47. Sdr. Bimar, variabel dependen dan independen pada thesis anda apa? Nanti saya kasih beberapa referensi yang relevan dengan topik thesis anda. OK

    Like

  48. Terima kasih sebelum nya bapak arief..
    variabel dependen saya adalah harga saham IPO
    variabel indendennya reputasi underwriter, reputasi akuntan publik, skala perusahaan dan umur perusahaan..

    Like

  49. Salam kenal pak.

    Perkenalkan saya Sela. Saat ini saya bekerja di sebuah lembaga penyelenggara seminar dan workshop untuk pembelajaran manajemen risiko untuk Bank dan Non Bank, kebetulan kami akan mengadakan kerjasama dengan Pemerintah Daerah di Daerah Sumatra untuk mengadakan workshop internal mengenai GCG, dan saat ini kami membutuhkan pembicara untuk acara tersebut, kebetulan saya menemukan website Bapak, apabila Bapak bersedia, Bapak dapat mengirimkan no telepon ke alamat e-mail saya (selladina@yahoo.co.id) yang bisa kami hubungi untuk dapat dibicarakan lebih lanjut.

    Terima kasih

    Like

  50. Sdr. Sella, sudah saya informasikan ke email anda. Silahkan saya bisa dihubungi untuk pembicaraan lebih lanjut. OK.

    Like

  51. ass pak..
    saya lia, saya sedang menyusun skripsi mengenai hubungan komponen corporate governance dengan penerapan risk based internal audit.
    ada beberapa hal yang ingin saya tanyakan dengan bapak terkait hal tersebut sperti:
    apakah dewan komisaris, kepemilikan istitusional dan komisaris independen memiliki concern terhadap risiko perusahaan dan bagaimana mereka memandang risiko? yang saya tau mereka tidak terlibat dalam pengelolaan nya kan pak??
    dan mungkin bapak dapat memberika referensi bagi saya terkait dengan hal tersebut, karena dari jurnal yang saya baca (RBIA in Taiwanesse Banking industry) blum dapat saya pahami betul.terimakasih

    Like

  52. siang pak.mohon bantuannya,saya dalam penyusunan makalah mengenai peran auditor dalam penerapan GCG.klo bisa saya minta referensi dari bapak,tentang materi2 apa saja yang bisa saya masukan dalam makalah saya. terima kasih

    Like

  53. halo mas muhariefeffendi…
    bisa kah berikan referensi yang bagus tentang checklist yang dapat menunjukan penerapan GCG di suatu perusahaan dengan sumber aslinya…??
    sebelumnya terima kasih

    Like

  54. Sdr. Angga, silahkan lihat website http://www.fcgi.or.id.
    Lalu click “self assesment”, anda bisa men-download langsung gratis / free “self assesment tools” berupa “FCGI Self Assesment Questionnaire in Microsoft Excell Format”. Semoga bisa membantu.
    Jika mengalami kesulitan bisa kirim email ke fcgi@fcgi.or.id. OK

    Like

  55. Salam Pak Arief,

    Pak saya seorang mahasiswa S2 Maksi yang sedang melakukan pengerjaan Thesis. Dimana penelitian saya adalah mengenai Persepsi Mahasiswa S1 Akuntansi terhadap Pendidikan Profesional Akuntan (PPAk). Kebetulan Jurnal utama saya adalah “Persepsi Mahasiswa S1 Akuntansi Reguler Tentang Pendidikan Profesi Akuntan (PPA) (Studi Kasus Pada Perguruan Tinggi Negeri Di Purwokerto Jawa Tengah)” oleh Icuk Rangga Bawono. Dan saya membutuhkan specimen dari kuesioner yang digunakan oleh Sdr. Icuk . Apabila Pak. Arief memiliki specimen tersebut saya sangat menghargai apabila bapak bisa berbagi dengan saya.

    Like

  56. ass.slmt sore pak..sy skrg sdg menyelesaikan skripsi yang berjudul analisis perbedaan struktur kepemilikan manajerial dan institusional terhadap manajemen laba. saya terkendala dengan jurnal sebagai referensi untuk penggunaan uji beda mann whitney yang saya gunakan…mohon bantuannya…sukron

    Like

  57. assalamualaikum pak,
    salam kenal …
    saya ingin menanyakan pak, untuk posisi auditor di Departemen Pemerintah bisa berasal dari jurusan Teknik ya pak..?
    Lalu bagaimana sistem kerjanya ya pak, apakah sama dengan yang berasal dari akuntansi…?
    terima kasih, mohon penerangannya ….

    Like

  58. Sdr. Anto, Auditor Internal di Departemen Pemerintah (Inspektorat jenderal) bisa berasal dari latar belakang pendidikan apapun, termasuk Teknik. Terutama untuk Departemen PU, Dept. Perhubungan dll. Penjelasan lebih lanjut, silahkan anda baca artikel saya yang berjudul ” Tantangan yang dihadapi oleh Auditor Internal yang Profesional” yang sudah saya upload di website ini. OK.

    Like

  59. assalamu’alaikum….wr,wb
    salam kenal, mohon bimbingannya pak.
    saya kul di salah satu univ di semarang….saya mw mengangkat masalah mengenai kode etik profesi dan kewajiban hukum akuntan publik.
    tapi saya kesulitan dalam mencari bahan atau referensi.
    saya sudah baca artikel bapak ttg hal tersebut…..
    saya boleh minta tolong, dimana saya bisa mendapatkan artikel or jurnal ttg hal tersebut versi english……
    mohon bantuannya pak……

    Like

  60. Pak tolong bantu saya gimana caranya saya bisa dapatkan makalah dengan judul “Peran Audit Internal sebagai alat managemen untuk mengurangi resiko” makalah ini disampaikan pada seminar FKSPI BUMN/BUMD Bandung tanggal 5 Sept 2002,

    Like

  61. pak ada gak buku bapak yg membahas secara luas ttg kinerja sdm yg dikaitkan dengan good corporate governance?
    krn artikel yg bapak berikan blum cukup bagi saya.Thanks

    Like

  62. selamat sore pak,,,,
    pak saya mahasiswa UMP (Palembang) saat ini saya sedang proses penyusunan skripsi tentang masalah persepsi mahasiswa akuntansi terhadap etika profesi.
    mungkin bapak ada saran dalam mencari referensi baik itu jurnal ataupun buku-buku yang bisa saya cari yang berkaitan dengan judul saya tersebut.
    makasih bnyk pak,,,,,,,

    Like

  63. Hey from France! I have found your page on yahoo. Amazing content! Eva F. Dobson x

    Like

  64. bpk Muh Arief yg saya hormati..mau minta tlg ni pak.bpk punya kuesioner2 untuk fraud,pengendalian internal(CPA Australia,2003),manajemen resiko,internal audit.klo bpk punya, saya mau minta ke bpk.
    trz juga mau tnya pak ttg ukuran perusahaan berdasarkan jumlah pegawai.pedomannya seperti gmn????
    terima kasih pak

    Like

  65. Sdr. Andrian, yang saya punya hanya contoh kuesioner “Internal Control” berdasarkan kerangka COSO secara umum (global), bukan khusus industri tertentu. OK

    Like

  66. Well I found this on Digg, and I like it so I dugg it!

    Like

  67. Ass.Wr.Wb.
    Pak, mohon penjelasan bagaimana agar menghasilkan audit yang bagus sementara dalam perusahaan ERM sedang proses penyusunan.
    Sebaiknya langkah apa yang harus dilakukan seorang auditor, bila sedang melakukan audit suatu unit, agar hasilnya bagus. Terima kasih atas jawaban Bapak.
    Wass.Wr.Wb.

    Like

  68. Sdr. Isti, bagi perusahaan yang masih dalam proses penerapan ERM, justru menjadi tantangan bagi Internal Auditor untuk dapat melakukan risk assesment, termasuk berusaha menganalisis risiko potensial (potential risk) yang mungkin terjadi dan dapat merugikan perusahaan.

    Jika ingin mendalami lebih lanjut tentang Risk Based Internal Auditing (RBIA), silahkan mengikuti acara one day workshop yang diselenggarakan oleh Bina Profesi Indonesia (lembaga training) di Jakarta, kebetulan saya ditunjuk sebagai instruktur workshop tersebut. OK.

    Like

  69. Terima kasih banyak atas jawaban yang Bapak berikan. Akan dipertimbangkan untuk dapat mengikuti Workshop, apakah bila selesai workshop akan dapat melakukan pemeriksaan/audit dengan hasil yang memuaskan dan bila ada kesulitan dalam audit kiranya Bapak dapat membantu langkah apa yang mesti diambil sehingga hasil audit dapat memberikan value added untuk perusahaan.

    Terima kasih banyak.

    Like

  70. Sdr. Isti, silahkan mendaftar jika berminat ikut Workshop RBIA. Saya dengan senang hati, akan membantu kesulitan yang dihadapi peserta workshop. Selesai acara workshop peserta masih bisa konsultasi melalui email.
    Semoga audit yang anda laksanakan dapat memberikan value added bagi perusahaan. Amin.

    Like

Leave a comment